Skip to main content

Memasukan Data ke Dalam PF melalui DSPF menggunakan SQL

Sebelum anda mempelajari artikel ini saya sarankan anda memperlajari artike saya di https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/memasukan-data-ke-dalam-physical-file.html karena di dalam artikel ini saya menggunkan DSPF dan PF yang sama. DSPF yang digunakan yaitu DISPLAY003 dan PF yang dipakai yaitu PF001.

Sedangkan untuk Mainprogram kita akan menggunakan type SQLRPGLE dengan nama MAINPRGM05, seperti gambar dibawah ini

dengan kode sebagai berikut





Program ini jika dirunning akan menghasilkan tampilan dan cara kerja seperti artikel  di https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/memasukan-data-ke-dalam-physical-file.html . Hanya yang membedakan adalah pengunaan WRITE dan SQL





Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menampilkan Display File (DSPF) melalui Main Program (RPGLE)

I. Bikin Objet Display File (DSPF)       1. Masuk ke command line lalu ketik  WRKMBRPDM   2.  Setelah itu klik tombol  F6 ( untuk membuat source code baru) kemudian isi  SRCMBR : DISPLAY001 ; TYPE : DSPF ; TEXT : BELAJAR INPUT OUTPUT.  Kemudian tekan tombol ENTER. 3. Setelah itu isi Opt dengan 2 disamping kiri DISPLAY001  ,  kemudian tekan tombol ENTER 4.  Ketikan code program seperti sample diatas. 5.  Jika sudah selesai kemudian tekan tombol  F3,  Masukan pilihan  Change/create member : Y  , kemudian tekan tombol ENTER. 6.  Untuk mengcompile , isikan  14  pada Opt di samping kiri DISPLAY001   , kemudian tekan tombol ENTER. 7.  Jika hasil compile benar (tidak ada error) maka akan muncul message File DISPLAY001 placed in library bla bla bla ..........  II. Bikin MAINPROGRAM ...

Update Data (record) Di PF dengan perintah UPDATE Melalui DPSF (Display File)

Object yang diperlukan yaitu PF001(PF), DISPLAY005 (DSPF), dan MAINPRGM08 (  RPGLE ) . 1. PF001 , Jika anda belum pernah membuatnya maka ikutilah tutorial yang pernah saya buat di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html  , namun jika anda pernah membuatnya maka tidak perlu memnbuatnya lagi. 2. DISPLAY005 Buatlah Objet DISPLAY005 dengan kode sebagai berikut : 3. Untuk Main Program MAINPRGM08 (RPGLE) ketiklah code dibawah ini. 4. Jika dijalankan maka programnya akan seperti ini Tampilan awal program Jika nama tidak ada di PF akan muncul warning berwarna merah Jika nama yg diinput ada di PF makan akan muncul inputan untuk update umur Jika umur sukses diupdate maka akan muncul tampilan seperti di atas  

Membuat program RPGLE dengan cara CALL program RPGLE lainnya

Jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/update-data-record-di-pf-dengan_7.html   maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM09. Selanjutnya jika anda pernah mempraktekan tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/menghapus-record-di-pf-dengan.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM07. Selanjutnya jika anda mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/memasukan-data-ke-dalam-pf-melalui-dspf.html  maka anda pasti mempunyai progran MAINPRGM05. Selanjutnya jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/menampilkan-isi-physical-file-pf-ke.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM03. Nah pada tutorial kali ini kita akan membuat program RPGLE baru dengan nama MAINRPGM12 dan DSPF baru dengan nama DISPLAY006 untuk  menjakan program MAINPRGM03, MAINPRGM05, MAINPRGM07 dan MAINPRGM09. 1. Buat DSPF DIS...