Skip to main content

Memasukan data ke dalam Physical File (PF) melalui Display File (DSPF) menggunakan WRITE

Pada kesempatan sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang cara memasukan data / record kedalam PF melalui STRSQL( https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/mengelola-pf-physical-file-dengan-sql.html ). Nah pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial cara memasukan data / record melalui DSPF (DISPLAY FILE).
1. BUAT PF dengan nama PF001 (tapi jika anda pernah membuat sesuai tutorial saya di https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html maka anda tidak perlu membuatnya lagi.
Namun jika anda belum pernah membuatnya maka codenya sebagai berikut :

2. Buatlah DISPLAY FILE (DSPF) dengan nama DISPLAY003 dengan code sebagai berikut :


3. Kemudian buatlah main program dengan nama MAINPRGM04 ( RPGLE ) dengan code sebagai berikut :

4. Jika program dijalankan akan seperti ini : 
Jika anda memasukan nama baru yang belum pernah ada di PF001 maka akan muncul warning berwarna putih berserta tulisan  DATA WARGA DENGAN NAMA bla..blaa.bla..     BERHASIL DITAMBAHKAN



Namun jika anda memasukan nama yang ada di PF001 maka akan muncul pesan berwarna merah dengan tulisan DATA NAMA bla..bla..bla..     SUDAH ADA


Comments

Popular posts from this blog

Membuat program RPGLE dengan cara CALL program RPGLE lainnya

Jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/update-data-record-di-pf-dengan_7.html   maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM09. Selanjutnya jika anda pernah mempraktekan tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/menghapus-record-di-pf-dengan.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM07. Selanjutnya jika anda mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/memasukan-data-ke-dalam-pf-melalui-dspf.html  maka anda pasti mempunyai progran MAINPRGM05. Selanjutnya jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/menampilkan-isi-physical-file-pf-ke.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM03. Nah pada tutorial kali ini kita akan membuat program RPGLE baru dengan nama MAINRPGM12 dan DSPF baru dengan nama DISPLAY006 untuk  menjakan program MAINPRGM03, MAINPRGM05, MAINPRGM07 dan MAINPRGM09. 1. Buat DSPF DIS...

Update Data (record) Di PF dengan perintah UPDATE Melalui DPSF (Display File)

Object yang diperlukan yaitu PF001(PF), DISPLAY005 (DSPF), dan MAINPRGM08 (  RPGLE ) . 1. PF001 , Jika anda belum pernah membuatnya maka ikutilah tutorial yang pernah saya buat di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html  , namun jika anda pernah membuatnya maka tidak perlu memnbuatnya lagi. 2. DISPLAY005 Buatlah Objet DISPLAY005 dengan kode sebagai berikut : 3. Untuk Main Program MAINPRGM08 (RPGLE) ketiklah code dibawah ini. 4. Jika dijalankan maka programnya akan seperti ini Tampilan awal program Jika nama tidak ada di PF akan muncul warning berwarna merah Jika nama yg diinput ada di PF makan akan muncul inputan untuk update umur Jika umur sukses diupdate maka akan muncul tampilan seperti di atas  

STRDFU (Starts The Data File Utility) AS400 / IBM I SERRIES

Sebagai contoh saya punya physical file dengan isi seperti diatas, TESTSTRING yang berisi JOKO akan saya rubah dengan HANDOKO. Langkah-langkah yang saya lakukan dengan STRDFU adalah. 1. Ketik STRDFU pada command line 2. Beri nama Program (contoh DFU1) , letak Library Program (contoh RRDHRNWN1), Physical File yg akan ditampilkan atau didisplay (sebagai contoh ACUANDATA) dan letak Librarynya. Lalu klik Enter 3. Kemudian jika muncul tampilan seperti dibawah ini klik enter saja 4.  Kemudian jika muncul tampilan seperti dibawah ini klik enter saja 5. Kemudian pilih kolom-kolom yang akan dirubah / ditampilkan 6. Kemudian jika muncul tampilan seperti dibawah ini klik enter saja 7. Kemudian jika muncul tampilan seperti dibawah ini klik enter saja 8. Kemudian pilih 1 9. Kemudian jika ingin melakukan perubahan data pilih 1 10. Kemudian pilih nama program DFU yang tadi telah kita buat. 11. Maka akan ...