Skip to main content

Sinkronisasi Data dengan Menggunakan SQLRPGLE

1. Studi Kasus
    Saya mempunyai 2 buah PF yaitu PF001 dan PF002.

 PF001 mempunyai kode seperti di atas.

PF001 berisi data seperti di atas.



PF002 mempunyai kode seperti di atas


PF002 berisi data seperti di atas.

Dalam studi kasus ini kita akan merubah data di PF001 dengan data yang ada di PF002. Jika data NAMAWARGA di PF001 ada yang sama persis dengan NAMAACUAN di PF002 maka data UMURWARGA di PF001 akan menjadi sama dengan UMURACUAN di PF002, jika NAMAWARGA di PF001 tidak ada yang sama persis dengan NAMAACUAN di PF002 maka UMURWARGA di PF001 tidak akan berubah. Kemudian jika ada NAMAACUAN di PF002 yang tidak ada yang sama persis dengan NAMAWARGA di PF002 maka data NAMAACUAN dan UMURACUAN di PF002 tersebut akan ditambahkan ke PF001 sebagai record baru.

Kemudian buat program dengan nama  MAINPRGM10 dengan kode sebagai berikut : 





Jika program dijalankan maka PF001 akan berisi record seperti ini
Record PF001 setelah program MAINPRGM10 dijalankan



Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menampilkan Display File (DSPF) melalui Main Program (RPGLE)

I. Bikin Objet Display File (DSPF)       1. Masuk ke command line lalu ketik  WRKMBRPDM   2.  Setelah itu klik tombol  F6 ( untuk membuat source code baru) kemudian isi  SRCMBR : DISPLAY001 ; TYPE : DSPF ; TEXT : BELAJAR INPUT OUTPUT.  Kemudian tekan tombol ENTER. 3. Setelah itu isi Opt dengan 2 disamping kiri DISPLAY001  ,  kemudian tekan tombol ENTER 4.  Ketikan code program seperti sample diatas. 5.  Jika sudah selesai kemudian tekan tombol  F3,  Masukan pilihan  Change/create member : Y  , kemudian tekan tombol ENTER. 6.  Untuk mengcompile , isikan  14  pada Opt di samping kiri DISPLAY001   , kemudian tekan tombol ENTER. 7.  Jika hasil compile benar (tidak ada error) maka akan muncul message File DISPLAY001 placed in library bla bla bla ..........  II. Bikin MAINPROGRAM ...

Update Data (record) Di PF dengan perintah UPDATE Melalui DPSF (Display File)

Object yang diperlukan yaitu PF001(PF), DISPLAY005 (DSPF), dan MAINPRGM08 (  RPGLE ) . 1. PF001 , Jika anda belum pernah membuatnya maka ikutilah tutorial yang pernah saya buat di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html  , namun jika anda pernah membuatnya maka tidak perlu memnbuatnya lagi. 2. DISPLAY005 Buatlah Objet DISPLAY005 dengan kode sebagai berikut : 3. Untuk Main Program MAINPRGM08 (RPGLE) ketiklah code dibawah ini. 4. Jika dijalankan maka programnya akan seperti ini Tampilan awal program Jika nama tidak ada di PF akan muncul warning berwarna merah Jika nama yg diinput ada di PF makan akan muncul inputan untuk update umur Jika umur sukses diupdate maka akan muncul tampilan seperti di atas  

Membuat program RPGLE dengan cara CALL program RPGLE lainnya

Jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/update-data-record-di-pf-dengan_7.html   maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM09. Selanjutnya jika anda pernah mempraktekan tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/menghapus-record-di-pf-dengan.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM07. Selanjutnya jika anda mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/memasukan-data-ke-dalam-pf-melalui-dspf.html  maka anda pasti mempunyai progran MAINPRGM05. Selanjutnya jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/menampilkan-isi-physical-file-pf-ke.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM03. Nah pada tutorial kali ini kita akan membuat program RPGLE baru dengan nama MAINRPGM12 dan DSPF baru dengan nama DISPLAY006 untuk  menjakan program MAINPRGM03, MAINPRGM05, MAINPRGM07 dan MAINPRGM09. 1. Buat DSPF DIS...