Skip to main content

Menampilkan isi Physical File (PF) ke ( Display File) DSPF dengan CHAIN

Untuk belajar cara menampilkan PF ke DSPF anda harus belajar dulu cara membuat PF beserta cara mengelola data, DSPF dan main program (RPGLE).

Jika anda belum tahu cara membuat PF, saya sarankan anda membaca link ini https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html

Jika anda belum tahu cara mengolola record PF saya sarankan anda membaca link ini, https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html

Jika anda belum tahu cara membuat Display File (DF) dan Main Program (RPGLE) saya sarankan anda membaca link ini https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html

Jika anda sudah tahu cara membuat PF , DF dan main program maka langkah pertama ada kita buat antara lain :

1. Buat sebuah PF isi dengan code berikut :




 2. Kasih nama dengan PF001 dan kompile.



3. Isikan PF dengan sample data menggunakan SQL 

4.  Buatlah Display file (DSPF) ketikan code sebagai berikut lalu simpan dengan nama DISPLAY002 kemudian compile.
perhatikan nomor baris di sebelah kiri harus urut ya , jangan ada yang kelewat atau duplicate.





5. Kemudian Buatlah main program dengan nama MAINPRGM03 ( RPGLE ) isi dengan code sebagai berikut , kemudian kompile.







6. Running main program MAINPRGM03 
maka akan dihasilkan tampilan seperti ini.


Jika dicoba dimasukan sembarang nama akan muncul pesan DATA NAMA WARGA TIDAK DITEMUKAN, dan UMUR ANDA : 000

Jika nama ditemukan maka UMUR ANDA akan sesuai data di PF, dan pesan akan hilang




Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menampilkan Display File (DSPF) melalui Main Program (RPGLE)

I. Bikin Objet Display File (DSPF)       1. Masuk ke command line lalu ketik  WRKMBRPDM   2.  Setelah itu klik tombol  F6 ( untuk membuat source code baru) kemudian isi  SRCMBR : DISPLAY001 ; TYPE : DSPF ; TEXT : BELAJAR INPUT OUTPUT.  Kemudian tekan tombol ENTER. 3. Setelah itu isi Opt dengan 2 disamping kiri DISPLAY001  ,  kemudian tekan tombol ENTER 4.  Ketikan code program seperti sample diatas. 5.  Jika sudah selesai kemudian tekan tombol  F3,  Masukan pilihan  Change/create member : Y  , kemudian tekan tombol ENTER. 6.  Untuk mengcompile , isikan  14  pada Opt di samping kiri DISPLAY001   , kemudian tekan tombol ENTER. 7.  Jika hasil compile benar (tidak ada error) maka akan muncul message File DISPLAY001 placed in library bla bla bla ..........  II. Bikin MAINPROGRAM ...

Update Data (record) Di PF dengan perintah UPDATE Melalui DPSF (Display File)

Object yang diperlukan yaitu PF001(PF), DISPLAY005 (DSPF), dan MAINPRGM08 (  RPGLE ) . 1. PF001 , Jika anda belum pernah membuatnya maka ikutilah tutorial yang pernah saya buat di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html  , namun jika anda pernah membuatnya maka tidak perlu memnbuatnya lagi. 2. DISPLAY005 Buatlah Objet DISPLAY005 dengan kode sebagai berikut : 3. Untuk Main Program MAINPRGM08 (RPGLE) ketiklah code dibawah ini. 4. Jika dijalankan maka programnya akan seperti ini Tampilan awal program Jika nama tidak ada di PF akan muncul warning berwarna merah Jika nama yg diinput ada di PF makan akan muncul inputan untuk update umur Jika umur sukses diupdate maka akan muncul tampilan seperti di atas  

Membuat program RPGLE dengan cara CALL program RPGLE lainnya

Jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/update-data-record-di-pf-dengan_7.html   maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM09. Selanjutnya jika anda pernah mempraktekan tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/menghapus-record-di-pf-dengan.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM07. Selanjutnya jika anda mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/memasukan-data-ke-dalam-pf-melalui-dspf.html  maka anda pasti mempunyai progran MAINPRGM05. Selanjutnya jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/menampilkan-isi-physical-file-pf-ke.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM03. Nah pada tutorial kali ini kita akan membuat program RPGLE baru dengan nama MAINRPGM12 dan DSPF baru dengan nama DISPLAY006 untuk  menjakan program MAINPRGM03, MAINPRGM05, MAINPRGM07 dan MAINPRGM09. 1. Buat DSPF DIS...