Skip to main content

Menghapus record di PF dengan menggunakan command DELETE

Object yang diperlukan yaitu PF : PF001 , DSPF : DISPLAY004 , MainProgram : MAINPRGM07 ( RPGLE )

1. PF001
Jika anda pernah mempraktekan tutorial saya di https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html maka anda tidak perlu lagi membuat PF001, tapi jika anda belum mempraktekannya maka anda harus membuat terlebih dahulu, jadi silakan praktekan artikel saya yang ini https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html

2. DISPLAY004  
   Untuk DSPF DISPLAY004 Jika anda pernah  mengikuti tutorial saya di https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/menghapus-data-di-pf-dengan-menggunakan.html maka tidak pelu membuat lagi  DSPF DISPLAY004, namun jika anda belum pernah membuat DISPLAY004 maka ketikan code sebagai berikut.



3.  Untuk MainProgram MAINPRGM07 dengan TYPE RPGLE , silakan ketikan kode seperti di bawah ini.














4. Jika dijalankan main programnya maka hasilnya seperti ini,
Jika tidak nama yang dihapus akan muncul warning seperti gambar.



Jika nama ada di PF maka akan muncul pesan seperti gambar.





Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Menampilkan Display File (DSPF) melalui Main Program (RPGLE)

I. Bikin Objet Display File (DSPF)       1. Masuk ke command line lalu ketik  WRKMBRPDM   2.  Setelah itu klik tombol  F6 ( untuk membuat source code baru) kemudian isi  SRCMBR : DISPLAY001 ; TYPE : DSPF ; TEXT : BELAJAR INPUT OUTPUT.  Kemudian tekan tombol ENTER. 3. Setelah itu isi Opt dengan 2 disamping kiri DISPLAY001  ,  kemudian tekan tombol ENTER 4.  Ketikan code program seperti sample diatas. 5.  Jika sudah selesai kemudian tekan tombol  F3,  Masukan pilihan  Change/create member : Y  , kemudian tekan tombol ENTER. 6.  Untuk mengcompile , isikan  14  pada Opt di samping kiri DISPLAY001   , kemudian tekan tombol ENTER. 7.  Jika hasil compile benar (tidak ada error) maka akan muncul message File DISPLAY001 placed in library bla bla bla ..........  II. Bikin MAINPROGRAM ...

Update Data (record) Di PF dengan perintah UPDATE Melalui DPSF (Display File)

Object yang diperlukan yaitu PF001(PF), DISPLAY005 (DSPF), dan MAINPRGM08 (  RPGLE ) . 1. PF001 , Jika anda belum pernah membuatnya maka ikutilah tutorial yang pernah saya buat di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-physical-file-pf.html  , namun jika anda pernah membuatnya maka tidak perlu memnbuatnya lagi. 2. DISPLAY005 Buatlah Objet DISPLAY005 dengan kode sebagai berikut : 3. Untuk Main Program MAINPRGM08 (RPGLE) ketiklah code dibawah ini. 4. Jika dijalankan maka programnya akan seperti ini Tampilan awal program Jika nama tidak ada di PF akan muncul warning berwarna merah Jika nama yg diinput ada di PF makan akan muncul inputan untuk update umur Jika umur sukses diupdate maka akan muncul tampilan seperti di atas  

Membuat program RPGLE dengan cara CALL program RPGLE lainnya

Jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/update-data-record-di-pf-dengan_7.html   maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM09. Selanjutnya jika anda pernah mempraktekan tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/menghapus-record-di-pf-dengan.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM07. Selanjutnya jika anda mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2020/01/memasukan-data-ke-dalam-pf-melalui-dspf.html  maka anda pasti mempunyai progran MAINPRGM05. Selanjutnya jika anda pernah mengikuti tutorial saya di  https://ruridtutorial.blogspot.com/2019/12/menampilkan-isi-physical-file-pf-ke.html  maka anda pasti mempunyai program MAINPRGM03. Nah pada tutorial kali ini kita akan membuat program RPGLE baru dengan nama MAINRPGM12 dan DSPF baru dengan nama DISPLAY006 untuk  menjakan program MAINPRGM03, MAINPRGM05, MAINPRGM07 dan MAINPRGM09. 1. Buat DSPF DIS...